Hunting foto (fotoghrafi)

Hunting foto
Hunting foto merupakan istilah yang umum bagi para hobies fotografi. Acara ini biasanya digunakan sebagai ajang untuk mengasah skill fotografi dan menambah jam terbang. Karena, walaupun memotret dengan kamera digital saat ini sudah sangat mudah sekali prosedurnya,…tetapi, apabila berbicara mengenai hasil foto. Hmmm, kamera dan lensa boleh sama. Tetapi seseorang yang jam terbangnya lebih tinggi, biasanya menghasilkan foto yang lebih baik dan indah.


Hal penting dalam hunting foto adalah fokus. Artinya, aktifitas itu sudah terencana dan tujuan utamanya adalah memotret. Sehingga kita bukan menunggu momen atau menemukan subjek foto, tetapi kita proaktif mencari momen dan subjek yang akan kita foto. Beda dengan pergi jalan-jalan membawa kamera. Kegiatan yang ke dua ini, fokusnya adalah jalan-jalan. Kalau ada momen atau sesuatu yang menarik baru kita jepret dengan kamera yang kita bawa.

Hunting foto dapat dilakukan sendiri ataupun secara grup.  Masing-masing ada kelebihan dan kekurangan. Bagi anda yang newbie, sangat disarankan hunting secara grup. Karena kita dapat bertanya dan berdiskusi baik teknis maupun non teknis dengan rekan yagn sudah punya pangalaman lebih. Biasanya kalau hunting beramai-ramai, kita merasa nyaman dan lebih percaya diri karena merasa “joint the club”. Untuk anda yang tidak suka bergerombol, memang enaknya hunting sendiri.  Kita lebih bebas dalam berekspresi dan mengeksplor suatu subjek,…mau berlama-lama di satu spot foto, tidak ada yang komplen.


Bagusnya lagi, kalau mau hunting foto. Kita sudah mempunyai gambaran tema besar, hasil foto seperti apa sih yang ingin kita jepret kali ini. Buatlah penugasan atau tema foto untuk diri sendiri ketika akan hunting foto. Dengan pola ini, kita selalu diberi tantangan yang secara otomatis menuntut kita untuk lebih piawai lagi di bidang fotografi. Jangan sampai anda terjebak dengan banyak kegiatan hunting (sibuk hunting terus), tetapi kemampuan teknis dan non teknis fotografi anda cenderung linier. …nanti kita bosen dan akhirnya, kamera dan kit fotografi lainnya banyak nganggur di rumah!



https://budiuzie.wordpress.com/2012/03/30/hunting-foto/

0 Response to "Hunting foto (fotoghrafi)"

Posting Komentar